KAMI SIAP MEMBANTU TEMAN TEMAN GURU DALAM MEMBUAT ADMINISTRASI PEMBELAJARAN

Rabu, 26 Februari 2014

SASARAN KERJA PEGAWAI (SKP)

Mulai bulan Januari 2014 ini PNS diwajibkan membuat Sasaran Kerja Pegawai ( SKP) dan apabila PNS tidak membuatnya akan mendapatkan sanksi sesuai perundangan yang berlaku, maka pada kesempatan ini kami sharekan bagaimana cara pengisian SKP tersebut.
untuk singkat dan jelasnya silahkan download softwarenya dibawah ini

Cara penyusunan SKP Guru 

semoga bermanfaat !

Senin, 10 Februari 2014

RPP Sejarah Kurikulum 2013 new



CONTOH
RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SATUAN PENDIDIKAN :  MAN 1 Surakarta
KELAS/SEMESTER          :  X / 1
MATA PELAJARAN        :  Sejarah Indonesia
MATERI POKOK/            :  Indonesia Zaman Praaksara
SUB MATERI POKOK     :  Tipologi Hasil Budaya Praaksara Indonesia
PERTEMUAN                   :  Minggu ke-4
ALOKASI WAKTU           :  90 menit

A.        KOMPETENSI INTI
  1. Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
2.       Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli  (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
  1. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan  rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

B.        KOMPETENSI DASAR
1.1.    Menghayati keteladanan para pemimpin dalam mengamalkan ajaran agamanya.
1.2.    Menghayati keteladanan para pemimpin dalam toleransi antar umat beragama dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari
2.1.    Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli terhadap berbagai hasil budaya pada zaman praaksara, Hindu-Buddha dan Islam.
2.2.    Meneladani sikap dan tindakan cinta damai, responsif dan pro aktif yang ditunjukkan oleh tokoh sejarah dalam mengatasi masalah sosial dan lingkungannya.
2.3.    Berlaku jujur dan bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah.
3.2. Memahami corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara.
3.3. Menganalisis  asal-usul nenek  moyang bangsa Indonesia (Proto, Deutero Melayu dan
Melanesoid).
3.4.    Menganalisis berdasarkan tipologi hasil budaya Praaksara Indonesia termasuk yang berada di lingkungan terdekat.

C.        INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.4.1.   Mengidentifikasi corak kehidupan bidang sosial ekonomi, budaya dan kepercayaan pada masa berburu dan mengumpulkan makanan
3.4.2.   Mengidentifikasi corak kehidupan bidang sosial ekonomi, budaya dan kepercayaan pada masa bercocok tanam
3.4.3.   Mengidentifikasi corak kehidupan bidang sosial ekonomi, budaya dan kepercayaan pada masa perundagian
                                                                   
D.        TUJUAN PEMBELAJARAN
1.     Melalui membaca buku peserta didik dapat mencari karakteristik kehidupan bidang sosial ekonomi, budaya dan kepercayaan pada masa berburu dan mengumpulkan makanan, bercocok tanam, dan perundagian
2.     Melalui pengamatan gambar/slide peserta didik dapat membandingkan ciri-ciri kehidupan bidang sosial ekonomi, budaya dan kepercayaan pada masa berburu dan mengumpulkan makanan, bercocok tanam, dan perundagian
3.     Melalui aktivitas diskusi kelompok peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri kehidupan bidang sosial ekonomi, budaya dan kepercayaan pada masa berburu dan mengumpulkan makanan, bercocok tanam, dan perundagian

E.         MATERI AJAR
1.    Corak kehidupan bidang sosial ekonomi, budaya dan kepercayaan pada masa berburu dan mengumpulkan makanan
2.       Corak kehidupan bidang sosial ekonomi, budaya dan kepercayaan pada masa bercocok tanam
3.       Corak kehidupan bidang sosial ekonomi, budaya dan kepercayaan pada masa perundagian


F.         METODE PEMBELAJARAN
·         Pendekatan Pembelajaran  :  Scientific
·         Metode Pembelajaran         :  Ceramah, observasi, Diskusi, Tanya Jawab dan Penugasan.
·         Strategi Pembelajaran         :   Problem Based Learning