Mulai bulan Januari 2014 ini PNS diwajibkan membuat Sasaran Kerja Pegawai ( SKP) dan apabila PNS tidak membuatnya akan mendapatkan sanksi sesuai perundangan yang berlaku, maka pada kesempatan ini kami sharekan bagaimana cara pengisian SKP tersebut.
untuk singkat dan jelasnya silahkan download softwarenya dibawah ini
Cara penyusunan SKP Guru
semoga bermanfaat !
Rabu, 26 Februari 2014
Senin, 10 Februari 2014
RPP Sejarah Kurikulum 2013 new
CONTOH
RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SATUAN PENDIDIKAN : MAN 1 Surakarta
KELAS/SEMESTER :
X / 1
MATA PELAJARAN :
Sejarah Indonesia
MATERI POKOK/ :
Indonesia Zaman Praaksara
SUB MATERI
POKOK : Tipologi Hasil Budaya Praaksara
Indonesia
PERTEMUAN : Minggu ke-4
ALOKASI WAKTU :
90 menit
A.
KOMPETENSI INTI
- Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
- Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
B.
KOMPETENSI DASAR
1.1.
Menghayati keteladanan
para pemimpin dalam mengamalkan ajaran agamanya.
1.2.
Menghayati keteladanan
para pemimpin dalam toleransi antar umat beragama dan mengamalkannya dalam
kehidupan sehari-hari
2.1.
Menunjukkan sikap
tanggung jawab, peduli terhadap berbagai hasil budaya pada zaman praaksara,
Hindu-Buddha dan Islam.
2.2.
Meneladani sikap dan
tindakan cinta damai, responsif dan pro aktif yang ditunjukkan oleh tokoh
sejarah dalam mengatasi masalah sosial dan lingkungannya.
2.3. Berlaku jujur dan bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari
pembelajaran sejarah.
3.2. Memahami corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara.
3.3. Menganalisis asal-usul
nenek moyang bangsa Indonesia (Proto,
Deutero Melayu dan
Melanesoid).
3.4.
Menganalisis berdasarkan tipologi hasil
budaya Praaksara Indonesia termasuk yang berada di lingkungan terdekat.
C.
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.4.1.
Mengidentifikasi corak
kehidupan bidang sosial ekonomi, budaya dan kepercayaan pada masa berburu dan
mengumpulkan makanan
3.4.2.
Mengidentifikasi
corak kehidupan bidang sosial ekonomi, budaya dan kepercayaan pada masa
bercocok tanam
3.4.3.
Mengidentifikasi
corak kehidupan bidang sosial ekonomi, budaya dan kepercayaan pada masa
perundagian
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Melalui membaca buku peserta didik dapat mencari karakteristik
kehidupan bidang sosial ekonomi, budaya dan kepercayaan pada masa berburu dan
mengumpulkan makanan, bercocok tanam, dan perundagian
2.
Melalui pengamatan
gambar/slide peserta didik dapat membandingkan ciri-ciri kehidupan bidang sosial ekonomi, budaya dan
kepercayaan pada masa berburu dan mengumpulkan makanan, bercocok tanam, dan
perundagian
3.
Melalui aktivitas diskusi
kelompok peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri kehidupan bidang sosial ekonomi, budaya dan
kepercayaan pada masa berburu dan mengumpulkan makanan, bercocok tanam, dan
perundagian
E.
MATERI AJAR
1. Corak kehidupan bidang sosial ekonomi, budaya dan kepercayaan pada masa
berburu dan mengumpulkan makanan
2.
Corak kehidupan
bidang sosial ekonomi, budaya dan kepercayaan pada masa bercocok tanam
3.
Corak kehidupan
bidang sosial ekonomi, budaya dan kepercayaan pada masa perundagian
F.
METODE
PEMBELAJARAN
·
Pendekatan Pembelajaran
: Scientific
·
Metode Pembelajaran : Ceramah, observasi, Diskusi, Tanya Jawab dan
Penugasan.
·
Strategi Pembelajaran :
Problem Based Learning
Langganan:
Postingan (Atom)