KAMI SIAP MEMBANTU TEMAN TEMAN GURU DALAM MEMBUAT ADMINISTRASI PEMBELAJARAN

Senin, 09 September 2013

RPP SEJARAH KURIKULUM 2013


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                  : MAN Klaten
Kelas/ Semester                       : X /1
MataPelajaran                         : Sejarah Indonesia
Materi Pokok                           : Konsep berpikir kronologis (diakronik),     sinkronik, ruang dan waktu  dalam sejarah
Pertemuan ke                          : 1
Alokasi waktu                         : 2 X 45 menit ( 90 Menit)


A.    Kompetensi Dasar                                   :
1.1.   Menghayati keteladanan para pemimpin dalam mengamalkan ajaran agamanya.
2.1.   Menunjukkan Sikap tanggung jawab, peduli terhadap berbagai hasil budaya pada
   zaman praaksara, Hindu-Buddha dan Islam
2.3.   Berlaku jujur dan bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari
         pembelajaran sejarah.
3.1.   Memahami dan menerapkan konsep berpikir kronologis (diakronik), sinkronik, ruang
         dan waktu   dalam sejarah
4.1.   Menyajikan informasi mengenai keterkaitan antara konsep berpikir kronologis
         (diakronik), sinkronik, ruang dan waktu dalam sejarah

B. Indikator Pencapaian kompetensi     :
3.1.1. Menjelaskan pengertian diakronis dan sinkronis
3.1.2. Menerapkan berpikir diakronis dan sinkronis dalam memahami dan merekonstruksi
          Sejarah yang dipelajari

C. Tujuan   Pembelajaran                                                   :
1.    Melalui pengamatan gambar peserta didik dapat menjelaskan arti kronologi
2.    Dengan membaca buku dan memanfaatkan fasilitas internet peserta didik memiliki rasa ingin tahu konsep berfikir kronologis (diakronik), sinkronik, ruang dan waktu.
3.    Dengan mendengarkan keterangan guru peserta didik mampu bertanya tentang peristiwa sejarah yang besifat kronolgis.
4.    Melalui hasil diskusi peserta didik dapat menganalisisketerkaitan antara konsep berpikir kronologis (diakronik), sinkronik, ruang dan waktu dalam sejarah
5.  Melalui hasil diskusi peserta didik dapat memiliki ketrampilan mengolah informasi dan menyajikan dalam bentuk tulisanketerkaitan antara konsep berpikir kronologis (diakronik), sinkronik, ruang dan waktu dalam sejarah
D. Materi Ajar
     Cara berpikir Kronologis dan sinkronik dalam mempelajari sejarah
        - cara berpikir krnologis dalam mempelajari sejarah
        - cara berpikir sinkronik dalam mempelajari sejarah
        - konsep ruang dan waktu
                                                              
E. Metode Pembelajaran
    Pendekatan pembelajaran : Scientific
    Metode Pembelajaran       :Ceramah,  tanya jawab, diskusi, dan penugasan
    Strategi pembelajaran        : Problem base learning

F. Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
a.         Mengawali pembelajaran dengan berdoa dan memberi salam
b.        Perkenalan dengan siswa, menggali informasi tentang persepsi siswa terhadap mata pelajaran sejarah
c.         Memotivasi siswa tentang pentingnya belajar sejarah.
d.        Meyakinkan siswa bahwa belajar sejarah di MA menyenangkan
e.         Mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk memulai proses KBM (kerapian, kebersihan ruang kelas, menyediakan media dan alat serta buku yang diperlukan)
f.         Memantau kehadiran  dengan mengabsen peserta didik
g.        Menampilkan tayangan gambar perkembangan kehidupan masyarakat praaksara, peserta didik diminta untuk memberikan tanggapan
h.        Memotifasi peserta didik untuk lebih fokus dan semangat dalam mengikuti pembelajaran  dengan memekikkan yel-yel
i.          Menginformasikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
j.          Menyampaikan cakupan materi secara garis besar.


10 Menit
Inti
(mengamati)
·         Peserta didik ditunjukkan gambar perkembangan kehidupan manusia

(menanya)
·         Peserta didik mengajukan pertanyaan berkaitan dengan tayangan gambar tersebut

 (menalar)
·         Siswa dibagi dalam 6 kelompok , masing-masing kelompok beranggotakan 5-6 orang
·         Masing-masing kelompok diminta untuk mencari informasi materi dengan membaca buku siswa/ mencari di internet tentang konsep kronologis dan sinkronik
Kelompok 1
1.      Apa yang dimaksud dengan konsep kronologis?

Kelompok 2

2.      Berilah contoh peristiwa yang bersifat kronologis !

Kelompok 3
3.      Apa yang dimaksud dengn sinkronis ?

            Kelompok 4
4.      Berikan contoh peristiwa yang memenuhi unsur sinkronis

Kelompok 5
5. Mengapa peristiwa sejarah selalu terkait dengan ruang dan waktu?

Kelompok 6
6.         Bagaimana keterkitan antara konsep
       kronlogis dan sinkronis dengan ruang dan
       waktu dalam peristiwa sejarah ?

·         Setiap kelompok diberikan tugas untuk menganalisa permasalahan-permasalahan yang dikaitkan dengan kondisi sekarang sebagai berikut :

(mencoba)
.
·         Setiap peserta didik mencatat hasil diskusi kelompoknya
·         Peserta didik membuat laporan hasil diskusi kelompoknya.

(membuat jejaring)
·         Masing- masing kelompok melaporkan/ mempresentasikan hasil diskusinya, dan kelompok lain menanggapi
·         Guru memberikan umpan balik positif  dan penguatan dalam bentuk lesan pada kelompok-kelompok diskusi yang telah selesai melaporkan hasil diskusinya.

60 menit
Penutup
·           Peserta didik membuat rangkuman materi pelajaran
·           Guru melakukan penjajagan hasil belajar peserta didik  dengan melakukan tanya jawab materi yang telah diberikan( post tes)
·           Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dengan memberikan tugas mandiri terstruktur , peserta didik diminta mencari dokumen diri untuk membuat deskripsi tentang perkembangan dirinya sejak lahir sampai sekarang berupa laporan tertulis
·           Menutup pelajaran dengan salam


20 Menit