KAMI SIAP MEMBANTU TEMAN TEMAN GURU DALAM MEMBUAT ADMINISTRASI PEMBELAJARAN

Senin, 09 September 2013

RPP SEJARAH KURIKULUM 2013


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                  : MAN Klaten
Kelas/ Semester                       : X /1
MataPelajaran                         : Sejarah Indonesia
Materi Pokok                           : Konsep berpikir kronologis (diakronik),     sinkronik, ruang dan waktu  dalam sejarah
Pertemuan ke                          : 1
Alokasi waktu                         : 2 X 45 menit ( 90 Menit)


A.    Kompetensi Dasar                                   :
1.1.   Menghayati keteladanan para pemimpin dalam mengamalkan ajaran agamanya.
2.1.   Menunjukkan Sikap tanggung jawab, peduli terhadap berbagai hasil budaya pada
   zaman praaksara, Hindu-Buddha dan Islam
2.3.   Berlaku jujur dan bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari
         pembelajaran sejarah.
3.1.   Memahami dan menerapkan konsep berpikir kronologis (diakronik), sinkronik, ruang
         dan waktu   dalam sejarah
4.1.   Menyajikan informasi mengenai keterkaitan antara konsep berpikir kronologis
         (diakronik), sinkronik, ruang dan waktu dalam sejarah

B. Indikator Pencapaian kompetensi     :
3.1.1. Menjelaskan pengertian diakronis dan sinkronis
3.1.2. Menerapkan berpikir diakronis dan sinkronis dalam memahami dan merekonstruksi
          Sejarah yang dipelajari

C. Tujuan   Pembelajaran                                                   :
1.    Melalui pengamatan gambar peserta didik dapat menjelaskan arti kronologi
2.    Dengan membaca buku dan memanfaatkan fasilitas internet peserta didik memiliki rasa ingin tahu konsep berfikir kronologis (diakronik), sinkronik, ruang dan waktu.
3.    Dengan mendengarkan keterangan guru peserta didik mampu bertanya tentang peristiwa sejarah yang besifat kronolgis.
4.    Melalui hasil diskusi peserta didik dapat menganalisisketerkaitan antara konsep berpikir kronologis (diakronik), sinkronik, ruang dan waktu dalam sejarah
5.  Melalui hasil diskusi peserta didik dapat memiliki ketrampilan mengolah informasi dan menyajikan dalam bentuk tulisanketerkaitan antara konsep berpikir kronologis (diakronik), sinkronik, ruang dan waktu dalam sejarah
D. Materi Ajar
     Cara berpikir Kronologis dan sinkronik dalam mempelajari sejarah
        - cara berpikir krnologis dalam mempelajari sejarah
        - cara berpikir sinkronik dalam mempelajari sejarah
        - konsep ruang dan waktu
                                                              
E. Metode Pembelajaran
    Pendekatan pembelajaran : Scientific
    Metode Pembelajaran       :Ceramah,  tanya jawab, diskusi, dan penugasan
    Strategi pembelajaran        : Problem base learning

F. Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
a.         Mengawali pembelajaran dengan berdoa dan memberi salam
b.        Perkenalan dengan siswa, menggali informasi tentang persepsi siswa terhadap mata pelajaran sejarah
c.         Memotivasi siswa tentang pentingnya belajar sejarah.
d.        Meyakinkan siswa bahwa belajar sejarah di MA menyenangkan
e.         Mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk memulai proses KBM (kerapian, kebersihan ruang kelas, menyediakan media dan alat serta buku yang diperlukan)
f.         Memantau kehadiran  dengan mengabsen peserta didik
g.        Menampilkan tayangan gambar perkembangan kehidupan masyarakat praaksara, peserta didik diminta untuk memberikan tanggapan
h.        Memotifasi peserta didik untuk lebih fokus dan semangat dalam mengikuti pembelajaran  dengan memekikkan yel-yel
i.          Menginformasikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
j.          Menyampaikan cakupan materi secara garis besar.


10 Menit
Inti
(mengamati)
·         Peserta didik ditunjukkan gambar perkembangan kehidupan manusia

(menanya)
·         Peserta didik mengajukan pertanyaan berkaitan dengan tayangan gambar tersebut

 (menalar)
·         Siswa dibagi dalam 6 kelompok , masing-masing kelompok beranggotakan 5-6 orang
·         Masing-masing kelompok diminta untuk mencari informasi materi dengan membaca buku siswa/ mencari di internet tentang konsep kronologis dan sinkronik
Kelompok 1
1.      Apa yang dimaksud dengan konsep kronologis?

Kelompok 2

2.      Berilah contoh peristiwa yang bersifat kronologis !

Kelompok 3
3.      Apa yang dimaksud dengn sinkronis ?

            Kelompok 4
4.      Berikan contoh peristiwa yang memenuhi unsur sinkronis

Kelompok 5
5. Mengapa peristiwa sejarah selalu terkait dengan ruang dan waktu?

Kelompok 6
6.         Bagaimana keterkitan antara konsep
       kronlogis dan sinkronis dengan ruang dan
       waktu dalam peristiwa sejarah ?

·         Setiap kelompok diberikan tugas untuk menganalisa permasalahan-permasalahan yang dikaitkan dengan kondisi sekarang sebagai berikut :

(mencoba)
.
·         Setiap peserta didik mencatat hasil diskusi kelompoknya
·         Peserta didik membuat laporan hasil diskusi kelompoknya.

(membuat jejaring)
·         Masing- masing kelompok melaporkan/ mempresentasikan hasil diskusinya, dan kelompok lain menanggapi
·         Guru memberikan umpan balik positif  dan penguatan dalam bentuk lesan pada kelompok-kelompok diskusi yang telah selesai melaporkan hasil diskusinya.

60 menit
Penutup
·           Peserta didik membuat rangkuman materi pelajaran
·           Guru melakukan penjajagan hasil belajar peserta didik  dengan melakukan tanya jawab materi yang telah diberikan( post tes)
·           Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dengan memberikan tugas mandiri terstruktur , peserta didik diminta mencari dokumen diri untuk membuat deskripsi tentang perkembangan dirinya sejak lahir sampai sekarang berupa laporan tertulis
·           Menutup pelajaran dengan salam


20 Menit


G. Alat dan Sumber Belajar
     Alat;  LCD, Slide power point, Lembar Soal dan Lembar  observasi, Lembar intrumen tugas

    Sumber Belajar:
    -,Buku Sejarah Indonesia kelas X, Sejarah Indonesia untuk SMA/MA Kelas X, Ratna Hapsari, Erlangga, PT. Gelora Aksara Pratama, Jakarta .2013
    - Sejarah Indonesia, Kemdikbud. 2013
    - Wikipedia.org
    - http//:sejarahasyik.blogspot.coom
    - Blognya Guru sejarah. Blogspot.co.id
    - Internet

H. . Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik  : tes dan non tes
2. Bentuk  ; uraian dan observasi
3. Instrumen : soal dan lembar observasi kegiatan diskusi

Tes tertulis
Jawablah pertanyaan - pertanyaan dibawah ini  dengan benar!
1.    Jelaskan arti kronologi !
2.    Jelaskan arti sinkronis dalam peristiwa sejarah !
3.    Jelaskan mengapa dalam belajar sejarah harus memperhatikan konsep kronologis dan sinkronis ?
4.    Tunjukkan contoh kronologis dalam peristiwa sejarah di Indonesia !
5.   Bagaimanakah keterkaitan antara konsep berpikir kronologis (diakronik), sinkronik, ruang
   dan waktu dalam sejarah

Kunci Jawaban
1.      Ilmu tentang urut-urutan peristiwa dalam waktu
2.      Kesesuaian suatu peristiwa dengan peristiwa yang lain.
3.      Agar tidak terjadi anakronisme (     penempatan tokoh, peristiwa, objek, ataupun kebiasaan-kebiasaan yang tidak sesui menurut keberadaan sebenarnya dalam urutan waktu).
4.      Urutan zaman di Indonesia berdasarkan hasil budayanya:
a.       Zaman Batu:
- Palaeolithikum
- mesolithikum
- Neolithikum
- Megalithikum

b.      Zaman Logam

5.      Peristiwa sejarah terjadi secara berurutan, suatu peristiwa terjadi pasti ada latar belakangnya penyebabnya demikian juga dari peristiwa yang terjadi sekarang akan menimbulkan akibat untuk peristiwa berikutnya
Masa lalu menjadi latar belakang masa kini, masa kini berpengaruh untuk masa yang akan datang.
Peristiwa terjadi dalam ruang atau tempat tertentu dan waktu tertentu


Pedoman penilaian
1.      Setiap soal apabila dijawab benar sempurna diberi nilai  25
2.      Setiap soal apabila dijawab mendekati benar diberi nilai  20
3.      Setiap soal apabila dijawab setengahbenar diberi nilai  15
4.      Setiap soal apabila dijawab tapi salah diberi nilai  5
5.      Setiap soal apabila yang tidak dijawab diberi nilai  0



LEMBAR  PENGAMATAN/ OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK

Mata Pelajaran                                  :  Sejarah
Kelas / Semester                                :  X / 1            
Kompetensi Dasar                                           :  Memahami dan menerapkan konsep berpikir kronologis
   (diakronik), sinkronik, ruang dan waktu   dalam sejarah
Materi Pokok                                     :  Kronologis dan sinkronis
Hari / tanggal pengamatan               :

1.         Penilaian dilakukan selama kegiatan  diskusi
2.         Hasil penilaian ini digunakan untuk mengetahui tingkat aktivitas peserta didik
3.         Aspek yang dinilai:
1). Tanggung jawab
2). Kerja sama
3). Keberanian mengajukan pertanyaan
4). Kemampuan menyampaikan informasi/ menjawab pertanyaan
5). Menghargai pendapat orang lain
4. Keterangan Skor   dan Katagori skor
Skor 1 = sangat kurang               Jumlah skor 1- 5  katagori tidak aktif
Skor 2= kurang                            Jumlah skor 5-10 katagori kurang aktif
Skor 3= cukup                              Jumlah Skor11-15 katagori  cukup aktif
Skor 4= baik                                 Jumlah skor 16-20 katagori aktif
Skor 5 = baik sekali                      Jumlah skor 21 -25 katagori sangat aktif
Berilah skor untuk setiap aspek! 





NO
NAMA PESERTA DIDIK
ASPEK PENILAIAN
JUMLAH SKOR
KATAGORI
1
2
3
4
5
1








2








3








4








5








6








7








8








9








10








11








12








13








14








15








16








17








18








19








20








21








22








23








24








25








26








27








27








29








30








31








32








33








34








35








36









JUMLAH SKOR








RERATA SKOR



















TUGAS  MANDIRI TERSTRUKTUR
Sekolah                                   :  MAN Klaten
Mata Pelajaran                        :  Sejarah Indonesia
Kelas /Semester                       :  X / 1

Kompetensi Dasar
         Indikator
Kegiatan
Waktu
Keterangan
.Menyajikan informasi mengenai keterkaitan antara konsep berpikir kronologis (diakronik), sinkronik, ruang dan waktu dalam sejarah.
.Menerapkan berpikir diakronisdan sinkronis dalam memahami dan merekonstruksi        sejarah yang dipelajari

    Peserta didik mencari dokumen (fc) tentang dirinya sendiri ( berupa akta kelahiran, ijazah yang dimilikinya).


Dikumpulkan pada pertemuan yang akan datang





 Tugas terstruktur
individu










INSTRUMEN TUGAS  MANDIRI TERSTRUKTUR 3

A.    Kompetensi Dasar                                    :
Menyajikan informasi mengenai keterkaitan antara konsep berpikir kronologis (diakronik),  sinkronik, ruang dan waktu dalam sejarah
B.     Indikator Pencapaian kompetensi            :
Menerapkan berpikir diakronisdan sinkronis dalam memahami dan merekonstruksi        sejarah yang dipelajari
C.     Jenis tugas                                                : Individu
D.    Tanggal Pemberian tugas                         : .....    
E.     Waktu Pelaksanan                                    : satu minggu
F.       Batas Waktu Pengumpulan                     : pertemuan minggu depan
G.    Deskripsi tugas:
1. Bentuk tugas           :   membuat deskripsi tentang perkembangan diri bersumber dari dokumen yang dimiliki siswa (fc akta Kelahiran, ijazah) dalam bentuk laporan tertulis.
2. Tempat                    : Di lingkungan tempat tinggal
3. Waktu                      :   di luar jam pelajaran
4. Target                      :   Memahami knsep kronologis dan sinkronis
5. Bentuk laporan        :  uraian
6.  Rubrik Penilaian

NO
INDIKATOR
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Keterangan
1.      
 Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik



2.      
Isi menunjukkan  maksud dari apa yang diminta



     3
 Kemampuan menjabarkan alasan



    4
Penutup memberikan kesimpulan akhir



    5
Kerapian tulisan




Nilai rata-rata





KETERANGAN
NILAI  KUALITATIF
NILAI KUANTITATIF
Memuaskan
4
>80
Baik
3
68 – 79
Cukup
2
56 – 67
Kurang
1
< 55





Bukti fisik         : terlampir

                                                                                         Klaten,  Juli,2013
Mengetahui
Kepala MAN Klaten                                                   Guru Mapel Sejarah


Drs . H. Muslih, MPd                                                   SURATNO, S Pd
NIP. 19650205 199503 1 001                                                           
                                                                             
























                                                     MATERI  PEMBELAJARAN

Kronologi dalam sejarah
Kronologi berasal dari kata dalam bahasa Yunani, yaitu chronos = waktu, dan logos = ilmu, sehingga secara harfiah kronologi berarti ilmu tentang waktu.
Dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia (karya J.S. Badudu dkk.),kronologi berarti berurutan sesuai waktu kejadian. Dalam ilmu sejarah, kronologi adalah penentuan urutan waktu terjadinya suatu peristiwa.Penyusunan sejarah secara kronologi dapat menghindarkan terjadinya kerancuan dalam pembabakan waktu sejarah.
Contoh kronologi sejarah orang Eropa di Indonesia:.
Tahun
Peristiwa Sejarah
Tahun
Peristiwa Sejarah
1509
1510

1512

1522

1550-an

1578
1596-7
Portugis pertama kali datang di Pasai
Alfonso d’Albuquerque (Portugis) menaklukkan Gowa dan Malaka 1511
Misi Portugis dari Malaka dipimpin Serrao menginjakkan kaki di Ambon
Pabrik milik Portugis dibangun di Ternate
Portugis berhasil melakukan hubungan dagang dengan Banten dan Palembang
Sir Francis Drake (Inggris) mendatangi Ternate
Comelis de Houtman (Belanda) mendarat di Banten
1730-67


1743

1745

1755
1750-61

17811-4
1796-1816
Wabah malaria melanda Batavia dan banyak menimbulkan korban tewas bagi orang yang baru datang ke Batavia
VOC mendapat kewenangan penuh menguasai Surabaya, Madura dan Jepara
Gubernur Jendral van Imhoff mendirikan Karesidenan di Buitenzorg (Bogor)
VOC berkuasa diseluruh daerah pesisir
Di bawah Gubernur Jenderal Mossel, kantor VOC pindah ke Weltevreden (kini Pasar Senen Jakarta)
Inggris menduduki Padang
Inggris menduduki Maluku
1601-3

1605
1619-23
1621
1623
1641
1677

1682
John Lancaster (Inggris) untuk pertama kalinya mendatangi Aceh
VOC merebut pelabuhan  Portugis di Ambon
Jan Pieterszoon Coen sebagai Gubernur Jendral VOC mendirikan kota Batavia
Coen menaklukan kepulauan Banda
Pembunuhan massal warga Ambon
VOC menaklukkan Surabaya dan mendapatkan daerah Priangan
VOC menaklukan Banten dan memaksa Inggris memindahkan pangkalan ladanya ke Bengkulu
1808-11
1811-16

1819

1818-23
1824

1830-37
1848-9
1871
1894
1896-1909
Daendels menguasai Jawa
Gubernur Thomas Stamford Raffles (Inggris) menduduki jawa
Penandatanganan perjanjian antara Raffles (Inggris) dan Sultan Jauhar al-Alam (Aceh)
Raffles sebagai Letnan Gubernur Bengkulu
Perjanjian London tentang pengalihan daerah Bengkulu
Belanda menguasai seluruh Sumatra Barat
Belanda menaklukkan Buleleng (Bali)
Perjanjian Sumatera, Belanda menyerang Aceh
Belanda menaklukkan Lombok
Penaklukan Nusantara secara sistematis oleh Belanda


Contoh kronologi/ Urutan zaman di Indonesia berdasarkan hasil budayanya:
a. Zaman Batu:
- Palaeolithikum
- mesolithikum
- Neolithikum
- Megalithikum

b.      Zaman Logam
`

Tidak ada komentar: