KAMI SIAP MEMBANTU TEMAN TEMAN GURU DALAM MEMBUAT ADMINISTRASI PEMBELAJARAN

Senin, 22 Oktober 2012

RPP QUR'AN HADITS MA BERKARAKTER new


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan      :  ..............................
Mata Pelajaran              :  AL-Qur’an Hadits
Kelas/Semester            :  XII / Ganjil
Alokasi Waktu               : 2 jam pelajaran


A.   Standar Kompetensi:
1.      Memahami ayat-ayat al Qur’an dan al Hadits tentang kewajiban berda’wah

B.   Kompetensi  Dasar
1.3    Menunjukkan  perilaku orang yang mengamalkan QS. An-Nahl 125 ; QS. Asy Syu’ara: 214-216, Al-Hijr: 94-96, dan Hadits tentang kewajiban berdakwah

C.   Indikator Pencapaian Kompetensi :
§  Menunjukkan perilaku orang melaksanakan dakwah dengan strategi bil hikmah, mau’idhah hasanah, dan mujadalah(dialog) seperti terkandung dalam QS. An-Nahl:125.
§  Menunjukkan perilaku orang yang melaksanakan dakwah dimulai dari lingkungan keluarga  seperti terkandung dalam QS. QS. Asy-Syu’ara: 214-216,
§  Menunjukkan perilaku orang yang melaksanakan dakwah secara terang-terangan di masyarakat  seperti  terkandung dalam QS Al-Hijr 94-96
§  Menunjukkan perilaku orang yang melaksanakan dakwah dimulai dari masalah yang paling sederhana dan kecil di lingkungan keluarga dan masyarakat seperti terkandung dalam hadits tentang kewajiban berdakwah
   
Nilai Karakter Bangsa
v  Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab.

Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
v  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
v  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
v  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
v  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.   Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
§  Menunjukkan perilaku orang melaksanakan dakwah dengan strategi bil hikmah, mau’idhah hasanah, dan mujadalah(dialog) seperti terkandung dalam QS. An-Nahl:125.
§  Menunjukkan perilaku orang yang melaksanakan dakwah dimulai dari lingkungan keluarga  seperti terkandung dalam QS. QS. Asy-Syu’ara: 214-216,
§  Menunjukkan perilaku orang yang melaksanakan dakwah secara terang-terangan di masyarakat  seperti  terkandung dalam QS Al-Hijr 94-96
§  Menunjukkan perilaku orang yang melaksanakan dakwah dimulai dari masalah yang paling sederhana dan kecil di lingkungan keluarga dan masyarakat seperti terkandung dalam hadits tentang kewajiban berdakwah

E.   Materi Pembelajaran :
§  QS. An-Nahl: 125
§  QS. Asy-Syu’ara: 214-216
§  QS Al-Hijr: 94-96
§  hadits tentang kewajiban berda’wah

F.    Metode Pembelajaran
§  Model : Kooperatif Learning (Non Threatening Role Playing/Permainan ganti peran yang tidak menegangkan)
§  Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi/bermain peran, Refleksi

G.   Langkah Pembelajaran :
o   Pendahuluaan
§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat yang terkait dengan materi.
§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal pelaksanaan dakwah
o   Kegiatan
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
§  Siswa dibagi 7 kelompok(sesuai dengan pokok permasalahan yang akan dibahas)
§  Guru menyampaikan beberapa gambaran tentang pribadi orang yang berdakwah.
§  Guru membagikan tugas yang harus diselesaikan masing-masing kelompok dengan permasalahan yang berbeda.
§  Semua siswa memperhatikan tayangan melalui sumber media audio visual atau mengingat kembali tokoh yang diidolakan berdasarkan pengalaman yang pernah dialami/dilihat  di lingkungan masyarakat mengenai perilaku orang yang melaksanakan dakwah
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
§  Secara berkelompok berdiskusi mengenai perilaku orang yang melakukan kegiatan untuk dakwah
§  Mengambil kesepakatan untuk memainkan peran cara berdakwah sesuai dengan tugas yang diberikan kepada kelompok
§  Perwakilan dari kelompok secara bergantian dengan kelompok lain memainkan peran seorang da’i.
§  Feed back diberikan kepada pemeran dari kelompok lain
§  Diskusi kelas tentang pengalaman terhadap peran tersebut.
§  Guru memberi ulasan terakhir mengenai inti pembahasan materi
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
§  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.

  • Penutup
§  Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,);
§  Guru memberikan tugas. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,);
§  Refleksi/Aplikasi Quantum. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi.);
§  Guru bersama siswa mengumandangkan sya’ir Thala’al Badru  dst….. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,);

H.   Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa
§  Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§  Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas
§  Humaidi Tata Pangarsa, Akhlak Mulia
§  M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§  Referensi perpustakaan
§  Internet
§  Lingkungan sosial
§  Media audio visual
§  Media cetak

I.      Penilaian
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil

Tugas :
Diskusikan dalam kelompokmu mengapa keluarga sebagai obyek pertama dalam berdakwah ?

Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
80-100
Memuaskan
4
70-79
Baik
3
60-69
Cukup
2
45-59
Kurang cukup
1

 
Lembar Penilaian Diskusi

Hari/Tanggal               : …………………………………
Topik diskusi/debat     : …………………………………
No
Sikap/Aspek yang dinilai
Nama Kelompok/ Nama peserta didik
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Penilaian kelompok
1.
Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik



2
Kerjasama kelompok



3
Hasil tugas



Jumlah Nilai Kelompok


Penilaian Individu Peserta didik
1.
Berani mengemukakan pendapat



2.
Berani menjawab pertanyaan



3.
Inisiatif



4.
Ketelitian



Jumlah Nilai Individu






Mengetahui,
Kepala MA ……….



(………………………...……)
NIP/NIK:

…………….. ……..,  20…..
Guru Mapel AL-Qur’an Hadits



(………………………………..)
NIP/NIK:

 


Senin, 08 Oktober 2012

PENENTUAN KKM

Untuk temen temen yang masih bingung untuk membuat KKM silahkan pelajari cara penentuan KKM dibawah ini. semoga bermanfaat.
Penentuan KKM

Jumat, 05 Oktober 2012

PEMETAAN MATERI QUR'AN HADITS MA KLS XII

Bagi bapak ibu yang menginginkan pemetaan materi Qur'an Hadits MA kelas XII silahkan download filenya dibawah ini :
pemetaan materi Qur'an Haditr

ANALISIS ULANGAN HARIAN

Bagi temen-temen yang menginginkan membuat analisis ulangan harian, semoga ini bisa dimanfaatkan silahkan download sofwarenya.
sotware analisis ulangan harian

Senin, 01 Oktober 2012

RPP QUR'AN HADITS BERKARAKTER MTS


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Madrasah                          :  .......................................................
Mata Pelajaran                 :  Al-Qur’an-Hadist
Kelas                                  :  VII / 1
Standar Kompetensi      :  1.      Memahami Al-Qur’an dan Al-Hadist sebagai pedoman hidup
Kompetensi Dasar          :  1.1    Menjelaskan pengertian dan fungsi Al-Qur’an dan Hadist

Alokasi Waktu                  : 4 x 40 menit

A.       Tujuan Pembelajaran
§  Mendiskusikan fungsi Al-quran dan Hadist
§  Membuat peta konsep
§  Menentukan statemen tentang sikap untuk menjadikan Al-Qur’an dan Hadist sebagai pedoman hidup
B.       Materi Pembelajaran
§  Pengertian Al-Qur’an
§  Fungsi Al-Qur’an
§  Pengertian Hadist
§  Fungsi Hadist
§  Perbedaan fungsi Al-Qur’an dan Hadist
C.       INDIKATOR
-       Menjelaskan pengertian Al-Qur’an
-       Menjelaskan fungsi Al-Qur’an
-       Menjelaskan pengertian Hadistt
-       Menjelaskan fungsi Al-Hadistt
-       Membedakan fungsi Al-Qur’an dan Hadistt
-       Memilih sikap untuk menjadikan Al-Qur’an dan Hadistt sebagai pedoman hidup
Karakter bangsa :
 Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Nilai kewirausahaan :
Percaya diri (keteguhan hati, optimis). Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) ,Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan