RENCANA
PELAKSANAAN PENGAJARAN
Satuan pendidikan : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas / Semester : X / I
Alokasi waktu : 2 x 40 menit
Aspek Bahasa : الإستماع / menyimak
1.
Standar Kompetensi
Menyimak : Memahami
informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang التَّعَارُف
2.
Kompetensi dasar
a. Mengidentifikasi
bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat) dalam suatu konteks dengan tepat
b. Menangkap makna
dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat
3.
Indikator
a.
Mendemonstrasikan التَّعَارُف sesuai Hiwar /Teks Lisan yang
diperdengarkan
b.
Menjelas-kan makna kata, Frase dan Kalimat dalam Hiwar
/Teks Lisan yang diperde-ngarkan
c.
menjelaskan makna dan gagasan yang terdapat dalam hiwar
/teks lisan sederhana tentang التَّعَارُف yang diperdengarkan
d.
menjawab pertanyaan tentang kandunagn materi hiwar
/teks lisan tentang التَّعَارُف yang diperdengarkan
4.
Metode
Demonstrasi,
ceramah, Tanya jawab
5.
Materi
التَّعَارُف
6.
Kegiatan pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
·
Guru
memberi salam kepada siswa
·
Guru berdoa bersama dengan siswa
·
Guru
mengabsen kehadiran siswa
b. Kegiatan inti
Eksplorasi
-
Siswa diminta menyebutkan hal-hal apa saja ketika akan
bepergian dengan naik kereta api
Elaborasi
- Siswa mendengarkan/menyimak hiwar/teks
lisan tentang التَّعَارُف ا
yang disampaikan
secara langsung oleh ustadz
- Siswa
memahami makna teks lisan yang telah disimak
Konfirmasi
Siswa menjawab
pertanyaan guru tentang gagasan/kandungan, makna, frase atau kalimat dari teks lisan yang didengar.
c.
Kegiatan
Penutup
·
Guru
menyimpulkan hasil pembelajaran bersama siswa
·
Guru
memberikan tugas kepada siswa
·
Guru
menyampaikan salam
§ Karakter : Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,);
7.
Media Pembelajaran dan Sumber Belajar
a. Media Pembelajaran : Papan tulis dan
perangkatnya, buku tugas
b. Sumber Belajar :
- Buku Pelajaran
Bahasa Arab Kanwil Depag
- Lembar Kerja
Siswa ‘ Fokus”
- Kamus Bahasa
Arab
- Buku paket
8.
Penilaian
a. Bentuk
test : lisan, tertulis
..............., .................. 20...
Mengetahui, Guru
Mapel
Kepala Madrasah Aliyah
___________________ _________________
NIP. NIP.
RENCANA
PELAKSANAAN PENGAJARAN
Satuan pendidikan : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas / Semester : X / I
Alokasi waktu : 2 x 40 menit
Aspek Bahasa : الكلام / berbicara
1.
Standar Kompetensi
Berbicara : Mengungkapkan
informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialoq tentang التَّعَارُف Kompetensi dasar
a.
Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan sesuai
konteks dengan lafal yang tepat
b.
Melakukan dialog sesuai konteks
dengan tepat dan lancar
2.
Indikator
a.
mengucapkan mufradat baru tentang التَّعَارُف
dengan
lafal yang baik dan benar
b.
mengucapkan materi hiwar tentang التَّعَارُف dengan intonasi yang baik
dan benar
c.
mendemontrasikan materi khiwar tentang
التَّعَارُف secara berpasangan
3.
Metode
Demonstrasi,
ceramah, Tanya jawab , diskusi, kelompok
4.
Materi
التَعَارُف
5.
Kegiatan pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
·
Guru
memberi salam kepada siswa
·
Guru berdoa bersama dengan siswa
·
Guru
mengabsen kehadiran siswa
b. Kegiatan inti
Eksplorasi
Ustadz
mengingatkan kembali tentang hal-hal yang berhubungan dengan fasilitas umum
Elaborasi
Siswa mengucapkan mufrodat dan kalimat-kalimat
tentang التَّعَارُف
Perwakilan beberapa kelompok siswa mendemonstrasikan
berbicara di depan kelas tentang pokok materi
Siswa melatih diri berpasangan berbicara tentang التَّعَارُف
Konfirmasi
Siswa menjawab
pertanyaan guru tentang gagasan/kandungan, makna, frase atau kalimat dari materi pokok.
c.
Kegiatan
Penutup
·
Guru
menyimpulkan hasil pembelajaran bersama siswa
·
Guru
memberikan tugas kepada siswa
·
Guru
menyampaikan salam
§ Karakter : Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,);
6.
Media Pembelajaran dan Sumber Belajar
a. Media Pembelajaran : Papan tulis dan
perangkatnya, buku tugas,
b. Sumber Belajar :
- Buku Pelajaran
Bahasa Arab Kanwil Depag
- Lembar Kerja
Siswa ‘ Fokus”
- Kamus Bahasa
Arab
- Buku paket
7.
Penilaian
a.
Bentuk test : lisan, peragaan
..............., .................. 20...
Mengetahui, Guru
Mapel
Kepala Madrasah Aliyah
___________________ _________________
NIP. NIP.
JIKA MENGHENDAKI FILENYA SECARA LENGKAP TERDIRI DARI PROTA, PROMES, SILABUS DAN PENILAIAN, RPP, SERTA SOFWARE ANALISIS HUB. KAMI DI NO. 085868482296 ATAU 085228182296
Tidak ada komentar:
Posting Komentar